GianyarPolitik

Rekrutmen Pengawas TPS Pilkada 2024, Bawaslu Gianyar Minta Ini

    GIANYAR, Kilasbali.com – Jumlah Pengawas TPS di Pilkada serentak 2024, tidak sebanyak saat Pileg/ Pilpres lalu.

    Kini, Bawaslu Gianyar meminta Panwaslu Kecamatan menjadikan momentum ini untuk lebih selektif dalam proses proses rekrutmennya.

    Yakni, wajib berintegritas, Profesional dan tidak terafilisasi terhadap pasangan calon atau partai politik tertentu,

    Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan menekankan itu saat Rapat Koordinasi Persiapan Perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara dengan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Gianyar, Selasa (17/9).

    “Saat ini tekanan politik yang akan dirasakan PTPS akan berbeda dari Pemilu sebelumnya, oleh karena itu saya berharap teman-teman Panwaslu Kecamatan dapat memilih Calon PTPS yang memang loyal, berintegritas, profesional dan tidak terafiliasi terhadap Pasangan Calon atau Partai Politik tertentu,” harapnya.

    Baca Juga:  ‘Door to Door’ Hadapi Petahana, Komandan ’Rambo’ Ungkap Ini

    Mewujudkan itu, Hartawan berharap masyarakat dan media massa dapat memberikan saran dan masukan kepada Panwaslu Kecamatan berkaitan dengan Integritas dan Netralitas Calon PTPS tersebut.

    “Kami memberikan ruang kepada masyarakat terlebih teman-teman dari media untuk dapat memberikan saran dan masukan kepada Panwaslu Kecamatan terkait dengan netralitas dan Integritas Calon PTPS tersebut, tidak hanya masyarakat, namun peran teman teman media juga dibutuhkan dalam memberikan saran dan masukan terhadap Calon PTPS,” harap Hartawan.

    Baca Juga:  Penggali Batu Cadas Ditertibkan, Kini DAS Petanu Dikeruk Buldozer

    Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Nyoman Gede Putra Wiratma yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan agar progress rekrutmen PTPS setiap harinya dilaporkan secara berjenjang, berapapun jumlah yang sudah melakukan pendaftaran.

    “Saya berharap kita bekerja on progres, sampaikan kepada Pengawas Kelurahan Desa agar bergerak dalam rekrutmen PTPS ini sehingga 2x kebutuhan dapat dilengkapi,dan laporkan progresnya secara berjenjang setiap harinya,” terang Wiratma.

    Lebih lanjut I Wayan Widyardana Putra selaku narasumber eksternal berharap agar Panwaslu Kecamatan dapat mencari calon PTPS yang memiliki pengetahuan baik di dalam dunia pemilihan dan memang serius akan mengabdikan dirinya sebagai Pengawas TPS dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini, sehingga pelaksanaan Pemilihan pada tanggal 27 November nanti berjalan dengan baik dan kondusif sehingga menghasilkan Kepala Daerah yang amanah dan berintegritas. (Ina/kb)

    Back to top button