GianyarPolitik

Berpulang Jelang Pelantikan DPRD Gianyar

AA Oka Kalam Berpeluang Gantikan Alm Rai Arimbawa

    GIANYAR, Kilasbali.com – Meski persiapan menjelang pelantikan DPRD Gianyar sudah mencapai 90 persen, I Made Rai Arimbawa justru berpulang.

    Dalam hitungan tiga pekan, Partai Nasdem pun harus segera memproses permohonan pergantian sesuai dengan perhitungan suara di Pileg 2024, calon pengganti  almarhum, tercatat nama AA Oka Kalam, Pensiunan Polri asal Batuan, Sukawati.

    Ketua KPU Gianyar, I Wayan Mura, Minggu (21/7), mengakui jika pihaknya sudah menerima informasi terkait meninggalkan Ketua Partai Nasdem Gianyar, I Made Rai Arimbawa yang juga Caleg terpilih DPRD Gianyar Dapil Sukawati.

    Hanya saja, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar, belum melakukan proses penggantian Made Rai Arimbawa. “Kami berproses setelah menerima surat pemberitahuan dari Partai NasDem dan Sekretariat DPRD Gianyar,” tegasnya.

    Baca Juga:  Rampas Mobil, Bule Rusia Jadi Bulan-bulanan Warga

    Meskipun yang bersangkutan belum dilantik secara resmi sebagai anggota DPRD Gianyar. Namun mekanisme penggantiannya sama seperti pengisian pengganti antar waktu (PAW).

    Hal itu dikarenakan sebelumnya, pihaknya telah mengirimkan Surat Keterangan (SK) nama legislatif yang lolos periode 2024-2029 ke Sekretariat DPRD Gianyar.

    “Partai NasDem hanya meloloskan satu orang di Dapil Sukawati, maka dipastikan  posisi Rai Arimbawa akan digantikan oleh caleg NasDem Dapil Sukawati yang raihan suaranya nomor dua di bawah Rai Arimbawa. “Penggantinya nanti nomor dua di bawah mendiang,” ujarnya.

    Baca Juga:  Bau Sangit Pasar Ubud Usik Aktivitas Pariwisata

    Sementara dari keterangan yang diterima dari pihak Partai Nasdem, mengungkapkan, untuk Dapil Sukawati, Caleg dengan torehan suara terbanyak nomor dua setelah almarhum adalah AA Oka Kalam.

    Tokoh asal Banjar Negara, Batuan ini tidak asing lagi di kalangan Masyarakat Gianyar karena saat aktif di Polri dikenal familiar.

    Tercatat, Oka Kalam sempat menjabat sebagai Kapolsek Ubud dan sejumlah jabatan strategis lainnya. (ina/kb)

    Back to top button