GianyarPolitik

Paket KARTA Daftar secara Sekala-Niskala

    GIANYAR, Kilasbali.com – Dengan proses yang berlangsung alot Partai Golkar akhirnya turunkan rekomendasinya dan sekaligus tetap bertahan di Koalisi Indonesia Maju ( KIM) minus Demokrat.

    Paket Kakarsana-Tagel Arjana, pun kini mengantongi 4 Rekomendasi Partai dari 9 Partai di KIM minus Demokrat dan melakukan pendaftaran Selasa (27/8) sore. Menariknya, proses pendaftaran akan dilaksanakan secara Sekala Niskala.

    Calon Bupati Gianyar dari KIM -Demokrat, AA. Alit Kakarsana, menyatakan rasa bahagia dan bangganya atas soliditas KIM minus Demokrat.

    Menuju Pilkada Gianyar, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak dini. Bahkan, mulai Senin (27/8) pagi Paket KARTA melaksanakan penglukatan di Pura Segening.

    ” Kami selalu berupaya melangkah dengan konsep keseimbangan berbasis kearifan lokal. Jadi proses pendaftaran kami hari Rabo (28/8) kami laksanakan secara Sekala dan Niskala,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Lowongan CPNS Gianyar Hanya 160 Formasi, Pelamar Tembus 2.669 Orang

    Sesuai petunjuk, proses pendaftaran dilaksanakan diatas Pukul 12.00 Wita. Diawali dengan proses deklarasi serta pendaftaran secara Niskala dengan menggelar prosesi nunas tuntunan sekaligus persembahyangan di Pura Durga Kutri Bukit Dharma di Desa Buruan, Blahbatuh.

    “Kami sangat bersyukur demgan anugerah dukungan 9 Partai yang kami simbolkan sebagai Dewata Nawa Sanga. Semoga kami selalu mendapat tuntunan dalam prosesi di Pilkada ini,” syukurnya.

    Meski membatasi iringan saat pendaftaran, sejumlah tarian simbolik juga akan disuguhkan saat tiba di Kantor KPU Gianyar. Yakni tari Padma atau teratai sebagai bunga yang tumbuh di Tri loka.

    Baca Juga:  Koster-Giri Dapat Dukungan dari Relawan Duta Semesta Bentukan Yuliawan Dusak

    Yakni di Tanah, air dan Udara. Selanjutnya Tari Garuda sebagai presentasi Wisnu wangsa yang menganugerahhan kesejahteraan.

    “Kami beriringan ke KPU dari utara ke selatan sebagai wujud terun ke masyarakat. Semoga dianugerahkan kerahayuan,” harapnya.

    Ditambahkan oleh Calon Wakil Bupati Gianyar dari KIM, I Wayan Tagel Arjana, dalam proses yang berorientasi menyatukan, Paket KARTA akhirnya menuai banyak dukungan partai.

    Hingga saat ini, sebutnya, Paket KARTA sudah memegang empat rekomendasi partai, yakni dari Partai Gerindra, Golkar, PSI dan Nasdem, dan 5 Partai lainnya menyusul namun demikian dari empat rekomendasi partai yang sudha dikantongi dipastikan sudah melebihi ambang batas persyaratan.

    Mengenai proses pendaftaran, pihaknya tidak akan bereforia berlebihan. Bahkan dibatasi hingga 500 orang. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati aktivitas di masyarakat. ” Kami tidak ingin mengganggu lalu lintas, mengusik kenyamanan masyarakat serta meminimalisir hal-hal lainnya seperti sampah yang kini menuai banyak perhatian,” terangnya.

    Baca Juga:  KIM Plus Tabanan Perkuat Saksi Mulyadi-Sengap di TPS dengan Relawan

    Demikian juga Ketua KIM, Kadek Era Sukadana mengungkapkan, proses pendaftaran Paket Kata akan start di Puri Ageng Blahbatuh.

    Diawali dengan deklarasi Paket sekitar Pukul 12.00 Wita. Menariknya, tidak hanya kader dan simpatisan partai, berbagai golongan masyarakat, seperti petani, nelayan, buruh, seniman hingga penekun spiritual juga menyatakan akan mengiringi Paket Karta. “Kita tidak sekeha -sekeha tabunh. Cukup suara tambur dan kentongan,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button