GianyarPeristiwa

Percikan Api Plebon, Sambar Enam Pelinggih Pura Dalem Sukaluwih, Batuan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Usai prosesi plebon, tiba-tiba asap mengepul di bagian atap bangunan di Pura Dalem Sukaluwih di Desa Batuan, Sukawati, Minggu (1/9).

    Angin yang cukup kencang pun memicu bara api beterbangan dan menghinggapi sejumlah bangunan pura lainnya. Hingga api berhasil dipadamkan, enam bangunan pura terbakar dengan kerugian hingga mencapai milyaran rupiah

    Saat prosesi pelebon selesai di setra adat setempat, tiba-tiba suara kentongan tanda kebakaran mengejutkan masyarakat di Desa Batuan. Dan saat warga berdatangan api sudah berkobar di sejumlah bangunan suci di Pura Dalem Sukaluwih. Mirisnya, musibah sejenis juga pernah terjadinya di pura ini pada awal tahun 2018.

    Kelian Pura Dalem Sukaluwih I Wayan Teja Atmaja (44), mengungkapkan kebakaran diketahui sekitar Pukul 15.30 WITA. Diakuinya, hari itu ada prosesi plebon di setra yang tak jauh dari pura.

    Baca Juga:  Truk Angkut 600 Kardus Bir Jatuh ke Tebing Pinggir Tukad Balian di Pupuan

    Bangunan yang hangus terbakar diantaranya Bale Peselang Agung, Bale Piyasan, Gedong Penyineban Ratu Ayu dan Gedong Penyineban Ratu Dalem. Kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah.

    “Bale Peselang Agung di sisi selatan pura, belum lama ini baru dipelaspas. Bangunan ini yang pertama kali kebakaran, kemudian percikan api merembet ke bangunan lain,” ungkapnya.

    Atas kejadian tersebut, sekitar 9 unit armada pemadam kebakaran Kabupaten Gianyar dikerahkan menjinakkan api.

    Baca Juga:  Polres Gianyar Intensifkan Patroli Malam Ciptakan Pilkada 2024 Kondusif

    Sejumlah krama juga berjibaku membantu menjinakkan api. Krama nekat naik ke atap bangunan, mencabik-cabik ijuk menggunakan sabit dan alat seadanya. Api baru bisa dipadamkan sekitar Pukul 18.00 WITA. (In/kb)

    Back to top button