Denpasar

DPR RI Kunker ke Kodam IX/Udayana

    DENPASAR, Kilasbali.com – Kedatangan Tim Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang dipimpin oleh Drs. Utut Adianto, disambut langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi di Ruang Rapat Utama Syafiudin, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (16/7/2024).

    Kunker tersebut dilakukan dalam rangka mengetahui kesiapan personel dan materiil Kodam IX/Udayana guna mendukung dan mengantisipasi kerawanan pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Bali, NTB dan NTT.

    Dalam sambutannya, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada seluruh Tim Komisi I DPR RI. Kedatangan Tim Komisi I DPR RI ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kodam IX/Udayana, yang sebelumnya juga pernah datang pada tahun 2021.

    “Kodam IX/Udayana membawahi tiga provinsi yaitu Provinsi Bali yang dipimpin oleh Danrem 163/Wira Satya, mempunyai pesona wisata yang luar biasa. Budaya dan adatnya juga sangat kental serta penduduknya mayoritas beragama Hindu,” ujar Pangdam.

    Baca Juga:  Viral di Medsos! ‘Halo Pak Yan! Maju Bali!’, Warga hingga Turis Asing Sapa dan Salami Koster

    Lebih lanjut Pangdam menjelaskan bahwa Kodam IX/Udayana juga membawahi Provinsi NTB yaitu wilayah dari Korem 162/Wira Bhakti yang dikenal kaya karena memiliki sumber kekayaan alam dan menjadi lumbung pangan. Penduduknya mayoritas beragama Islam.

    “Selanjutnya Provinsi NTT, dengan mayoritas penduduknya beragama Kristen. Merupakan wilayah Korem 161/Wira Sakti yang provinsinya berbatasan dengan Timor Leste. Danrem 161/Wira Sakti selaku Dankolakops Pamtas RI-RDTL,” jelas Pangdam.

    Pangdam menjelaskan bahwa wilayah Bali itu sendiri mempunyai destinasi wisata terkenal yang merupakan venue bagi even-even internasional. Terkait dengan even tersebut, Kodam IX/Udayana senantiasa terlibat dalam pengamanan di bawah Pangkogabwilhan II,  bersama dengan unsur udara dan laut yang ada di wilayah Bali.

    Baca Juga:  Asta Dharma Calon Wakil Ketua DPRD Tabanan dari Golkar, Budi Adnyana Jadi Ketua Fraksi

    “Selama ini beberapa even internasional yang telah dilaksanakan antara lain G20, KTT Asean, KTT AIS, dan yang baru saja selesai digelar yaitu WWF ke-10. Kedepan ada dua even internasional lagi yaitu Indo Afrika Forum dan Bali Internasional Air Show yang akan dilaksanakan pada September mendatang,” pungkas Pangdam.

    Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI dalam menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk menanyakan dan melihat kesiapan Kodam IX/Udayana dalam menghadapi Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

    “Komisi I semua seragam mendukung TNI kita kuat, dan Komisi I juga membentuk Panja (Panitia Kerja) Alutsista dengan konsep mendukung dan mengharapkan, karena keberpihakan di politik yang nyata itu adalah di anggarannya tidak dinaikkan,” katanya. (jus/kb)

    Back to top button