DenpasarPendidikanSosial

Primakara University Membangun Masa Depan Digital Melalui Desain Kreatif

    DENPASAR, Kiasbali.com – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Sistem Informasi Primakara University, belum lama ini melakukan pengabdian kepada masyarakat bertajuk bertajuk Interaksi: Implementasi Teknologi dan Edukasi untuk Masyarakat.

    Bertema “Membangun Masa Depan Digital Melalui Desain Kreatif”, program ini berlangsung dari bulan Agustus hingga September di empat sekolah di Bali.

    Rektor Primakara University, Dr. I Made Artana, S.Kom., M.M., menyampaikan, program ini bertujuan mengenalkan dasar-dasar desain antarmuka pengguna (User Interface/UI) dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) kepada para pelajar SMA/SMK, dengan menggunakan aplikasi desain populer, Figma.

    Empat sekolah yang beruntung mendapatkan program ini adalah SMKN 2 Denpasar, SMKN 1 Gianyar, SMAN 1 Baturiti, dan SMK Widiatmika.

    Baca Juga:  Gandeng YKPI dan BPR, Conrad Bali Gelar Bulan Peduli Kanker Payudara

    Sebanyak 124 siswa ikut serta dalam kegiatan ini, di mana mereka diberi kesempatan untuk belajar langsung cara mendesain antarmuka digital.

    “Selama ini, banyak siswa berpikir bahwa bekerja di dunia IT hanya sebatas menjadi programmer. Melalui program Interaksi, HIMA Sistem Informasi Primakara University ingin mengubah mindset tersebut,” ungkap Artana, Selasa (22/10).

    UI/UX Design adalah salah satu jalur karier yang tengah naik daun di dunia digital. Dalam program ini, para siswa diajak untuk mengeksplorasi bagaimana mendesain tampilan aplikasi dan website yang menarik, fungsional, dan mudah digunakan. Ini adalah keterampilan penting di era dimana teknologi semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

    Baca Juga:  Pakaian Sembahyang Serba Putih, Pesan Kepala BNNK Badung Bersinar Mulai dari Diri Sendiri

    Kegiatan ini mengajarkan siswa menggunakan Figma, sebuah aplikasi desain yang memudahkan pengguna untuk membuat wireframe hingga prototipe interaktif.

    Figma sangat populer karena memungkinkan kolaborasi langsung secara real-time, sehingga cocok untuk kerja tim. Dengan menggunakan Figma, siswa mendapatkan pengalaman langsung bagaimana mendesain antarmuka digital yang keren dan user-friendly.

    Tidak hanya belajar teori, para peserta juga langsung praktik membuat desain UI mereka sendiri. Setelah diberikan instruksi langkah demi langkah, para siswa diajak untuk berkreasi dan menuangkan ide desain mereka menggunakan Figma.

    Untuk menambah keseruan, ada juga kompetisi desain UI terbaik, di mana para pemenangnya mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

    Program Interaksi juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara Primakara University dan sekolah-sekolah di Bali.

    Baca Juga:  Hanya Koster-Giri Usung Warna Sakral Tridatu

    Dengan rencana untuk terus mengadakan program ini setiap tahun, HIMA Sistem Informasi berharap dapat mendukung pendidikan digital di Bali dan menginspirasi para siswa untuk lebih mengenal duniadesain digital, khususnya UI/UX.

    Program ini diharapkan bisa terus memberi dampak positif bagi para siswa dan sekolah, serta membantu membentuk generasi yang siap bersaing di dunia digital.

    Dengan keterampilan yang mereka pelajari, para siswa bisa punya fondasi yang kuat untuk karier di masa depan. (m*/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi