GianyarPolitik

Selama Pilkada, Polisi Pantau Hoax di Medsos

    GIANYAR, Kilasbali.com – Setiap hajatan pemilu termasuk pula pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), masyarakat perpotensi dihadapkan pada maraknya penyebaran informasi palsu atau hoax.

    Menyikapi itu, Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Agung (OMP Agung) 2024 Polres Gianyar aktif memantau penyebaran hoax di Media Sosial (Medsos) selama kegiatan tahapan Pilkada Serentak 2024.

    Baca Juga:  Lowongan CPNS Gianyar Hanya 160 Formasi, Pelamar Tembus 2.669 Orang

    Hal itu disampaikan Kasatgas Humas Iptu I Nyoman Tantra saat memberikan arahan kepada personelnya di Halaman Apel Polres Gianyar, Minggu (1/9).

    Disebutkan, Pemantauan hoax di Medsos sangat penting dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif selama proses tahapan Pilkada Serentak 2024.

    Pemantauan itu dilakukan guna mencegah terjadinya perpecahan dan kerawanan di masyarakat yang diakibatkan perbedaan pilihan.

    Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Buka Rekrutmen PTPS untuk Pilkada 2024

    Karena Hoax bukan hanya mengganggu proses demokrasi, tetapi juga dapat memecah belah masyarakat, menciptakan ketidakpercayaan terhadap institusi demokrasi, dan mengarahkan pada keputusan yang salah.

    Informasi yang menyesatkan ini sering kali sengaja dibuat untuk memanipulasi opini publik demi keuntungan pihak tertentu.

    Lebih lanjut, dirinya mengatakan, bahwa Satgas Humas juga harus aktif memberikan edukasi dan pesan-pesan Pilkada Damai kepada masyarakat maupun di Medsos.

    Baca Juga:  Pesta Sabu Kandas, Kurir Asal Lamongan Diringkus Polisi di Supermarket

    “Cooling System situasi selama Pilkada 2024 sangat penting dengan harapan mewujudkan pesta demokrasi yang Kondusif,  damai dan tertib dan sejuk” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button