BadungNews Update

Antisipasi Emergency, Satgas Evakuasi Siap Dikerahkan Pada HLF-MSP dan IAF

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Kodam IX/Udayana mendapatkan kehormatan untuk melaksanakan tugas Pengamanan Wilayah dalam gelaran even High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Afrika Forum (IAF) ke-2 di Bali.

    Selain membentuk Satgas Pamwil yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, kepercayaan juga diberikan kepada Kodam untuk mengemban tugas sebagai Satgas Evakuasi yang dipimpin oleh Danrem 163/WSA.

     

    Selaku Dansatgas Evakuasi, Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Inf Ida Idewa Agung Hadisaputra, S.H., menjelaskan bahwa Satgas Evakuasi beserta perkuatannya bertugas untuk melaksanakan operasi siaga bencana terhadap Kepala Negara ataupun Pejabat setingkat Kepala Negara yang hadir pada kegiatan HLF-MSP dan IAF ke-2 di wilayah Jimbaran dan Nusa Dua, dalam rangka mendukung Tugas Pokok Kogabpadpam VVIP.

     

    Baca Juga:  Ada Pulsa Tapi Tak Ada Sinyal! Begini Pesan Giri Prasta di Upacara Pitra Yadnya di Sidan - Petang

    “Dalam misi penting ini, kami memimpin beberapa Subsatgas yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab spesifik sesuai dengan fungsinya. Satgas Evakuasi ini juga bersinergi dengan Basarnas dan BPBD Provinsi Bali untuk menghadapi segala kemungkinan, termasuk potensi bencana alam gempa bumi, tsunami maupun gunung meletus,” ungkap Kolonel Inf Ida Idewa Agung Hadisaputra di Posko Satgas Evakuasi, Minggu (1/9/2024).

    Baca Juga:  Danrem 163/WSA Hantar Satgas Yonif 741/GN Pamtas RI – RDTL 2024

     

    Dijelaskannya, bahwa keberadaan kedua lembaga tersebut dalam struktur Satgas Evakuasi ini bertujuan untuk lebih memperkuat dan memastikan kesiapan serta respons yang cepat jika situasi darurat terjadi. Seluruh strategi saat Tactical Floor Game juga telah diterapkan dengan baik, sehingga segala tindakan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta keamanan para tamu VVIP dapat terjamin.

     

    “Sementara itu, pemantauan situasi terkini dari BMKG Provinsi Bali juga menjadi aspek krusial dalam operasi ini. Hingga saat ini, kondisi cuaca dan geologi dilaporkan dalam keadaan baik. Hal tersebut memberikan keyakinan bahwa forum internasional ini dapat berlangsung dengan lancar, aman dan nyaman,” pungkas Dansatgas Evakuasi.

     

    Baca Juga:  Danrem 163/WSA Hantar Satgas Yonif 741/GN Pamtas RI – RDTL 2024

    Lebih lanjut pihaknya juga berharap pelaksanaan even ini dapat berjalan lancar tanpa kendala sehingga dapat melambungkan citra baik Indonesia khususnya Bali di mata dunia sebagai tuan rumah yang capable untuk menyelenggarakan even-even besar lainnya.

     

    “Kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mengamankan acara ini merupakan sebuah kehormatan besar. Dengan koordinasi yang baik dan persiapan matang, kami siap memastikan bahwa Indonesia Africa Forum ke-II berjalan dengan sukses dan aman,” tandasnya. (Djo/kb)

    Back to top button