DenpasarPariwisata

Pesona Pariwisata Bali Ibarat Wanita Cantik

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pesona pariwisata Bali yang mengusung tagline ‘Pariwisata Budaya’ kini menjelma ibaratnya sesosok ‘wanita cantik’.

    Pulau berjuluk The Last Paradise in the World menjadi primadona untuk dikunjungi, bangkit pasca pandemi Covid-19.

    Buktinya, wisatawan domestik maupun mancanegara berduyun-duyun datang ke Bali untuk menikmati keunikan Pulau Surga ini.

    Mulai dari panorama yang indah, ragam budaya, hingga keramahtamahan masyarakatnya. Dan yang tak kalah menariknya sehingga wisatawan datang, yakni harga yang masih terjangkau.

    Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun. (foto/kilasbali)

    Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun mengibaratkan, Bali layaknya wanita cantik yang sedang bersolek.

    Pancaran kecantikannya mempesona, sehingga memicu orang untuk datang dan berlibur ke Pulau Seribu Pura ini.

    “Semakin rajin dipoles maka semakin cantik. Sedikit salah, maka akan berdampak negatif. Tapi kalau sudah baik itu akan luar biasa,” kata Tjok Bagus belum lama ini.

    Tak hanya itu, Bali juga memiliki pilihan yang unik dan menarik. Salah satunnya pelbagai festival yang bakal disuguhkan. Bahkan, beberapa festival itu diantaranya bisa dinikmati secara gratis.

    Salah satu rombongan parade gebogan dalam Sunset in Paradise yang mengawali kegiatan Tanah Lot Art and Food Festival V pada Jumat (23/8) sore. foto/kilas

    Pelbagai festival itu bakal digelar sepanjang tahun mulai musik, olahraga, dan tentunya atraksi budaya Bali. Mulai dari tari-tarian hingga kebiasaan masyarakat dalam kesehariannya.

    Dari catatannya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali hingga Agustus 2024 ini, sebanyak 3,984.415 jiwa. Sedangkan wisatawan domestik/nusantara, mencapai 5.667.754 jiwa.

    Baca Juga:  Ini Realisasi Pembayaran Relaksasi Pajak di Bali

    Jumlah ini pun telah mencapai kunjungan seperti saat normal sebelum pandemi. Bahkan, beberapa pihak menyebut, kunjungan di era kenormalan baru ini sudah melampaui sebelum pandemi.

    Berikut beberapa daya tarik wisata di sembilan kabupaten/kota se-Bali

    Lumbung Beras Bali Tabanan

    Jika ke Bali, tentunya wisatawan ingin melihat dan mengunjungi objek wisata. Nah, untuk di Kabupaten ‘Lumbung Beras Bali’ Tabanan ada banyak objek wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Tiga diantaranya yakni DTW Tanah Lot, Ulun Danu Beratan, dan Jatiluwih.

    Untuk Tanah Lot, wisatawan akan disuguhi panorama pura di atas karang yang berada di tengah laut. Tak hanya itu, juga bakal disuguhi berbagai keunikan lainnya.

    Tanah lot. Foto/ist

    Nah di Tanah Lot, bisa menyaksikan pemandangan sunset. Matahari tenggelam yang begitu indah.

    Berikutnya Ulun Danu Beratan. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan pura yang berada di tengah danau. Kemudian hawa yang sejuk, lengkap dengan keindahan pegunungan. Salah satu spot foto di Ulun Danu Beratan. Biasanya, wisatawan juga bakal mencoba berwisata air, mengelilingi danau dengan boat kecil.

    Baca Juga:  Begini Momen Koster saat Hadiri Nikah Tokoh Demokrat Buleleng

    Selanjutnya adalah Jatiluwih. Hamparan sawah berundak bakal memanjakan mata. Suasana persawahan yang alami dan indah. Wisatawan juga bisa berkeliling di sawah ini, berinteraksi dengan petani, atau duduk di restoran yang ada sembari menikmati panorama hamparan sawah.

    Papan surfing yang disewakan di Pantai Kuta. foto/dok

    Bumi Keris Badung

    Terdapat beberapa daya tarik wisata di Bumi Keris ini. Mulai dari Pantai Kuta dengan keindahan pantai berpasir putih hingga ‘surga’ bagi para peselancar untuk meluncur di atas ombak.

    Kemudian Pantai Pandawa yang menyuguhkan keindahan pantai dengan relief Panca Pandawa di tebing kapur. Bahkan, pengunjung bakal dibuat terkagum saat memasuki daya tarik wisata ini.  Jalan menuju pantai ini membelah bukit kapur.

    Selanjutnya Pura Uluwatu. Wisatawan bakal menikmati keindahan pura di bibir tebing. Jika sore hari, maka panorama bakal semakin mempesona dengan keindahan matahari terbenam, lengkap dengan suguhan tari kecak ‘fire dance’.

    Pantai Sanur Mulai Diserbu Warga dan Wisatawan. Foto/dok

    Ibu Kota Denpasar

    Pantai Sanur dengan ombak yang tenang dan juga suasana yang nyaman, sangat tepat untuk dikunjungi. Daya tarik wisata dengan bentangan pasir putih ini menyuguhkan panorama matahari terbit.

    Baca Juga:  Pengendalian Rabies di Bali Butuh Keterlibatan Spektrum yang Lebih Luas
    Iringan Pelebon Puri Agung Ubud – Gianyar. foto/ina

    Bumi Seni Gianyar

    Di Bumi Seni Gianyar sendiri juga tak kalah untuk dinikmati. Diantaranya Ubud Monkey Forest, King Palace, hingga daya tarik Goa Gajah.

    Bumi Serombotan Klungkung

    Berikutnya di Bumi Serombotan Klungkung, wisatawan dapat mengunjungi Taman Kertha Gosa yang merupakan warisan kerajaan, tempat raja melakukan pertemuan.

    Bumi Lahar Karangasem

    Di kabupaten ujung timur Pulau Bali ini, wisatawan akan disuguhi Pura terbesar di Bali, yakni Pura Besakih.

    Panorama matahari terbit. Foto/m

    Bangli

    Salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Kabupaten Bangli adalah Kintamani. Panorama yang disuguhkan adalah Gunung dan juga Kaldera Batur. Lokasi ini favorit untuk menikmati sunrise.

    Bumi Panji Sakti Buleleng

    Lovina menjadi salah satu daya tarik di Bumi Panji Sakti Buleleng. Di pantai ini, wisatawan dengan menaiki perahu nelayan bakal disuguhi atraksi lumba-lumba di laut lepas.

    Bumi Makepung Jembrana

    Untuk di ujung barat Pulau Bali, wisatawan bakal disuguhi atraksi budaya makepung. Yakni balap kerbau sebagai ajang adu gensi para petani. Tak hanya itu, juga terdapat seni gambelan jegog yang terbuat dari bambu raksasa. (jus/kb)

     

    Back to top button