PemerintahanSosialTabananTokoh

Semangat Kemerdekaan : Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Lanjutkan Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi di 4 Kecamatan

    TABANAN, Kilasbali.com – Dalam suasana kemerdekaan yang masih terasa, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya melaksanakan aksi sosial bertajuk “Menyapa dan Berbagi” di 4 Kecamatan yang saat itu disertai oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya.

    Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan dukungan dan perhatian langsung kepada masyarakat di Kabupaten Tabanan yang kali ini menyasar 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pupuan, Selemadeg, Selemadeg Barat, dan Selemadeg Timur, Selasa (20/8) dan dipusatkan di Desa Pajahan, Kecamatan Pupuan.

    Dalam kegiatan ini, bantuan disalurkan kepada berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan, termasuk 25 balita, 20 ibu hamil, 25 lansia, 30 penyandang disabilitas, serta 6 penderita kanker dan 9 kader PKK dari masing-masing Desa di Kecamatan Pupuan, Selemadeg, Selbar dan Seltim. Bantuan yang diberikan meliputi berbagai kebutuhan pokok dan alat kesehatan, antara lain : beras, telur, kacang hijau, susu ibu hamil dan susu kalsium, minyak goreng dan gula pasir.

    Selain itu, 8 orang penyandang disabilitas di Kecamatan Pupuan menerima bantuan alat kesehatan berupa 7 buah tongkat kaki empat (tripod) dan 1 buah walker, begitu juga 7 Penerima bantuan di Kecamatan Selemadeg yang menerima 2 Tongkat Ketiak (Kruk), 2 buah walker dan 3 buah kursi roda. Selanjutnya, di Kecamatan Selemadeg Barat, 2 orang penyandang disabilitas menerima 2 buah tongkat kaki empat, kesemuanya tak luput mendapat perhatian Bunda Rai.

    Baca Juga:  Asuransi Jiwa Bagi Nelayan Kurang Diminati di Tabanan

    Dalam acara tersebut, turut hadir Sekda, Beberapa Anggota DPRD Dapil Pupuan, Perangkat Daerah terkait dan jajaran Pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, Camat Pupuan, serta Perbekel se-Kecamatan Pupuan.

    Selaku Ketua YKS dan K3S Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga menggandeng serta Dinas Sosial, Pengurus Yayasan Kanker Indonesia dan K3S Tabanan, Ketua TP PKK Kecamatan Pupuan dan TP PKK Desa. Sinergi yang erat ini diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Tabanan yang membutuhkan.

    Di kesempatan itu, Bupati Sanjaya beserta Bunda Rai memberikan semangat kepada para penerima bantuan yang hadir, dimana Bupati Sanjaya sangat berharap kehadiran mereka dapat memberikan semangat dan harapan baru bagi masyarakat.

    Baca Juga:  Komit Adat dan Budaya Lokal, Bupati Sanjaya Hadiri Karya di Lima Desa Berbeda di Tabanan

    “Kami berharap kehadiran kami di sini dapat memberikan api harapan, bahwa Pemerintah Daerah dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan hadir dan berdampak positif pada masyarakat di seluruh Kabupaten Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

    Tak hanya itu, Sanjaya juga sampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kolaborasi antara Ketua TP PKK Tabanan dan jajaran dari tingkat Kabupaten hingga desa dalam menjalankan berbagai program yang sangat selaras dengan Pemerintah Daerah.

    “Keberadaan dan peran PKK selama ini sangat membantu Pemerintah dalam sosialisasi dan implementasi program-program prioritas seperti penanganan stunting dan lainnya yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

    Senada dengan Bupati Sanjaya, Bunda Rai juga menekankan bahwa PKK sebagai mitra pemerintah daerah akan terus bergerak menjalankan program serta menyalurkan bantuan untuk masyarakat.

    “Tujuan kegiatan ini adalah untuk Menyapa dan Berbagi. Memotivasi masyarakat serta memberikan semangat dan perhatian. Di samping itu, kami juga berkesempatan meraih penghargaan dari pusat sebagai Orang Tua Hebat dan penghargaan Manggala Karya Kencana atas inovasi penanganan stunting di Tabanan,” ungkapnya sembari menegaskan bahwa penghargaan yang diraih jelas merupakan sebuah pengakuan, namun yang terpenting bagaimana usaha dan inovasi yang dilakukan untuk masyarakat terus dilakukan.

    Baca Juga:  Asta Dharma Calon Wakil Ketua DPRD Tabanan dari Golkar, Budi Adnyana Jadi Ketua Fraksi

    Bunda Rai juga sampaikan terimakasihnya kepada semua pihak atas raihan prestasi tersebut yang tiada lain adalah hasil dari kolaborasi yang solid antara berbagai pihak. Seperti salah satu upaya penting dalam penanganan stunting yaitu mengoptimalkan kegiatan di posyandu, yang merupakan deteksi awal risiko stunting pada anak melalui pemeriksaan rutin, sangat serius dilaksanakan oleh ibu-ibu PKK di Banjar.

    Tahun ini, TP PKK juga kembali melaksanakan lomba posyandu, yang penilaiannya sedang berlangsung pada bulan Agustus. Di mana, Lomba posyandu ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan posyandu dan memberikan penghargaan dan motivasi kepada kader posyandu yang merupakan ujung tombak dalam penanganan stunting di tingkat terbawah. (m/kb)

    Back to top button