GianyarHukum

Polres Gianyar Intensifkan Patroli Malam Ciptakan Pilkada 2024 Kondusif

    GIANYAR, Kilasbali.com – Mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Gianyar menjelang Pilkada 2024 tetap aman kondusif, Samapta Polres Gianyar mengintensifkan patroli malam.

    Senin (9 /9) malam, Kasat Samapta Polres Gianyar AKP Nyoman Sucipta memimpin langsung kegiatan patroli dengan menyambangi tempat-tempat rawan kriminal, pemukiman penduduk, tempat keramaian dan objek vital lainnya.

    Dalam kegiatan ini, polisi memberikan imbauan serta berdialog dengan masyarakat agar selalu waspada untuk menjaga diri, turut bersama sama menjaga keamanan lingkungan sekitar demi terciptanya sitkamtibmas yang kondusif, khususnya jelang Pilkada serentak 2024 ini.

    AKP Sucipta menekankan, giat patroli ini bertujuan untuk mencegah niat dan kesempatan para pelaku untuk berbuat kriminal, sehingga kejahatan dapat dicegah.

    Baca Juga:  Pesta Sabu Kandas, Kurir Asal Lamongan Diringkus Polisi di Supermarket

    “Kami berharap dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat, dapat menciptakan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktifitas serta sekaligus untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” harapnya.

    Di Blahbatuh, Kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar telah mendapat perhatian khusus dalam hal pengamanan selama 1×24 jam melalui pelaksanaan Operasi Mantap Praja Agung 2024 yang digelar oleh Polres Gianyar. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan suasana Pilkada Serentak yang aman, kondusif, damai, dan sejuk.

    Polsek Blahbatuh secara rutin menerjunkan Tim Patroli Presisi untuk meningkatkan keamanan di kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar, yang terletak di Jalan Sahadewa No. 2 Blahbatuh. Langkah ini merupakan bagian dari strategi kepolisian untuk memastikan proses Pilkada berlangsung dengan lancar.

    Baca Juga:  Usai Diguyur Hujan, Rumah di Lantai II Ludes Terbakar, Ini Dugaan Pemicunya

    Menurut Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Made Berata yang juga menjabat sebagai Padal Pam Wilayah Blahbatuh dalam Ops Mantap Praja Agung Polres Gianyar menjelaskan, tujuan dari upaya preventif dan preemtif kepolisian adalah untuk mencegah potensi gangguan keamanan sebelum terjadi.

    “Upaya preventif dilakukan dengan melaksanakan patroli dan pemantauan secara rutin untuk mendeteksi dan menanggulangi ancaman sebelum berkembang”

    Sedangkan tindakan preventif berfokus pada upaya menghentikan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kerusuhan, serta menjaga situasi tetap kondusif agar Pilkada Serentak dapat berlangsung dengan damai dan aman,” ujarnya.

    Baca Juga:  Tersangkut Kasus Penjualan Bayi, Yayasan Anak Bali Luih Beroperasi Sejak Akhir 2023

    Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa pengamanan ini juga mencakup interaksi langsung dengan masyarakat sekitar untuk memberikan rasa aman dan menjalin komunikasi yang efektif.

    “Keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan selama Pilkada juga diharapkan dapat meminimalisir potensi kerawanan. Dengan langkah-langkah pengamanan yang telah disusun, Polres Gianyar berharap pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Gianyar dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan harapan semua pihak,” tandasnya. (ina/kb)

    Back to top button