DenpasarSosial

Ngrombo Bersama Entaskan Stunting di Desa Tegal Harum

    DENPASAR, Kilasbali.com – Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali, drg. Ida Mahendra Jaya, melaksanakan kegiatan “Berkunjung dan Berbagi” di Banjar Bhuana Merta, Desa Tegal Harum, Denpasar, Rabu (21/8).

    Kegiatan ini menyasar 50 penerima bantuan dan merupakan bagian dari upaya sinergi TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten/Kota serta berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam “Ngrombo Bersama” untuk mengatasi stunting di Provinsi Bali.

    Ida Mahendra Jaya mengingatkan para ibu agar rutin mengunjungi posyandu setiap bulan untuk memantau tumbuh kembang anak mereka.

    “Ibu-ibu yang memiliki balita, jangan lupa datang ke posyandu setiap bulan untuk memeriksakan anaknya,” ujarnya.

    Baca Juga:  Malu Dong, Jangan Buang Sampah Sembarangan di Pantai Sanur

    Dia juga menekankan pentingnya memeriksa kesehatan gigi anak-anak, dan meminta dokter gigi puskesmas untuk memantau kesehatan gigi anak-anak di wilayah mereka.

    “Jika ada gigi yang berlubang, segera sarankan berobat ke puskesmas,” pesannya.

    Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, menambahkan bahwa Desa Tegal Harum merupakan salah satu lokasi percontohan di Kota Denpasar untuk program Desa Peduli Gigi (Deligi).

    Baca Juga:  Hari Kunjung Perpustakaan: Momentum Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

    Kader posyandu di desa ini telah menerima pelatihan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar untuk mendeteksi kesehatan gigi dan mulut.

    Selain itu, terdapat juga sekolah lansia yang bertujuan untuk memberikan ruang bagi lansia untuk terus berkreativitas menuju hidup sehat dan bahagia.

    Bersama TP PKK Kota Denpasar dan beberapa stakeholder lainnya, seperti Bank BPD Bali, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bali, dan berbagai dinas provinsi, TP PKK Provinsi Bali memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan dan KB gratis, serta bantuan pangan bagi 50 balita.

    Baca Juga:  Begini Momen Koster saat Hadiri Nikah Tokoh Demokrat Buleleng

    Bantuan tersebut meliputi beras, telur, susu balita, olahan ikan, serta kebutuhan balita lainnya, termasuk bibit tanaman cabai.

    Selain itu, Bank BPD Bali juga menyerahkan bantuan tunai sebesar Rp 50.000.000 untuk anak-anak stunting di Kota Denpasar. (M/kb)

    Back to top button