DenpasarOlahraga

Ratusan Taekwondoin Bali Ikuti Diklat Penguji dan Kepelatihan hingga UKT

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Bali menggelar Uji Kenaikan Tingkat (UKT) POOM/DAN Kukkiwon, Diklat Penguji Daerah dan Diklat Kepelatihan Daerah yang bertajuk 3 in 1 Taekwondo Bali yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TI Bali Laksamana Pertama (Purn) I Wayan Wetha di Gedung Serbaguna Dikdispora Provinsi Bali (19/7/2024).

    Kegiatan yang digelar dari tanggal 19-21 Juli 2024 tersebut diikuti sebanyak 213 peserta dengan rincian UKT ke Dan/Poom 1 sebanyak 62 orang, UKT kw Dan Poom 2 sebanyak 12 orang, UKT ke Dan/Poom 3 sebanyak 7 orang, 4 sebanyak 7 orang, Diklat dan Refreshing Penguji Daerah sebanyak 5 orang, Diklat Kepelatihan Biasa sebanyak 87 orang, dan Diklat Kepelatihan Khusus sebanyak 33 orang.

    Baca Juga:  Begini Motivasi Wabup Suiasa untuk Atlet Pencak Silat Kontingen Bali Ke PON Aceh-Sumut

    “UKT bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan para taekwondoin untuk naik tingkat sabuk selanjutnya, serta untuk meningkatkan mutu, kualitas, kuantitas dan mensertifikasi para sabuk hitam, pelatih daerah dan penguji daerah,yang handal dengan berpegang teguh pada janji Taekwondo Indonesia serta tunduk kepada AD/ART Taekwondo Indonesia ” ujar Ketua Umum Taekwondo Indonesia Pengprov Bali, Laksamana Pertama (Purn) Wayan Wetha, usai pembukaan Diklat dan UKT Poom/Dan, di Gedung Serbaguna Kantor Disdikpora Provinsi Bali.

    Wayan Wetha menyebut tim Penguji Nasional Master Joni Vernando dan Master Djoko Suprayitno yang diutus Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) untuk menguji taekwondoin Bali yang mengikuti ujian yang dibantu oleh asisten penguji Sabeum Sandiaz Antonio dan Sabeum Irwan.

    Baca Juga:  Terima Palu dari Adi Wiryatama, Dewa ‘Jack’ Mahayadnya Ketua Sementara DPRD Bali

    Untuk sertifikat UKT Poom/Dan akan dikeluarkan oleh Kukkiwon Pusat Taekwondo Dunia di Korea Selatan. “UKT ini merupakan langkah dalam menjalankan program peningkatan SDM sabuk hitam dan menuju prestasi di Bali di masa mendatang,” ucap Wayan Wetha.

    Usai membuka secara resmi kegiatan Diklat dan UKT DAN yang dihadiri langsung penguji nasional dari PBTI, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Bali yang diwakili oleh Ketua Tim Pemberdayaan Olahraga I Gusti Ngurah Dwi Suwariantha, Ketua Koni Provinsi Bali I gusti Ngurah Oka Dharmawan dan segenap Jajaran Pegurus TI Bali, Ketum TI Bali menjelaskan, bahwa Pengprov TI Bali memiliki banyak catatan penting terkait pembinaan prestasi yang sangat perlu ditingkatkan.

    “Dengan kegiatan Diklat serta UKT DAN yang dilakukan seperti ini, kami tentu berharap ada peningkatan kualitas dari para pelatih (sabeum) yang menjadi ujung tombak dalam melakukan pembinaan, yang tentunya menuju prestasi yang diharapkan. Dengan adanya Diklat dan UKT DAN ini juga, tentunya ada evaluasi langsung dari Master penguji, terkait bagaimana kualitas para pelatih yang akan sangat berdampak pada pembinaan,” pungkas Ketum TI Bali.

    Baca Juga:  Pedudusan Alit Pura Ratu Begawan Penyarikan, Jaya Negara: Tingkatkan Nilai Spiritual

    Sementara, penguji nasional, Master Joni Vernando yang didampingi asisten penguji, sabeumnim Sandiaz Antonio dan sabeumnim Irwan juga memberikan evaluasi dan arahan dan tambahan ilmu kepada seluruh peserta UKT, Diklat Kepelatihan dan Penguji Daerah. (Djo/kb)

    Back to top button