GianyarPeristiwa

Terbakar! Pemilik Warung Suka Hotdog Ternyata WNA Italia

    GIANYAR, Kilasbali.com – Meski jenis usahanya selevel lokal, kenyataannya pemiliknya justru warga negara asing (WNA). Kondisi ini justru sudah dianggap hal biasa di Ubud karena terbatasnya wewenang Pemkab Gianyar dalam pengawasan maupun penegakan hukum terhadap kegiatan WNA di wilayahnya.

    Demikian halnya terungkap dalam musibah kebakaran yang menimpa sebuah warung “Suka Hotdog” di Jalan Raya Ambengan, Peliatan Ubud, Senin (8/7) malam.  Dari pendataan aparat kepolisian pengusahanya ternyata warga asal Italia.

    Dari keterangan salah satu pegawai Suka Hotdog, I Nyoman Adi Putra (24) asal Tabanan, malam itu dirinya sedang memasak makanan yang dipesan pelanggan di bagian dapur Suka Hotdogs yang berlokasi di bagian depan.

    Entah apa penyebabnya, secara tiba – tiba dirinya mendengar suara ledakan dari bagian arah timur bangunan warung.  Setelah didekati, didapatkan kobaran api yang cukup besar menyala di sekitar lampu penerangan ruangan.

    Baca Juga:  Panti Asuhan Salam di Tabanan Kebakaran, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    “Pada bagian plafon atap api sudah besar, saya mencoba berupaya memadamkan api dengan cara menyiramkan air, namun api tidak mati. Malah tambah membesar,” ungkapnya.

    Selanjutnya, Adi menghubungi managernya, lanjut dilaporkan ke posko Damkar Ubud. Dalam hitungan 10 menit petugas pemadam kebakaran disusul petugas Polsek Ubud tiba di lokasi. Dan dalam hitungan 30 menit, apai akhirnya berhasil dihalau.

    Kapolsek Ubud, Kompol Gusti Nyoman Sudarsana, menyebutkan sekitar  pukul 20.15 Wita, api sudah  dapat dipadamkan sehingga kebakaran tidak sampai merembet kebangunan lainnya yang ada di sekitar TKP.

    Baca Juga:  Semakin Dimanja, Planet Gadget Rambah Gianyar

    Dari pendataannya, yang terbakar adalah bagian plafon yang dimodifikasi dengan ilalang serta atap bangunan. Terdapat pula sejumlah kursi dan meja. Kerugian material yang ditimbulkan sekitar Rp 30 hingga 50 juta.

    “Tidak ada korban jiwa dan  kebakaran ini. Berkat kesigapan rekan-rekan dari Damkar, api tidak sampai merembet kebangunan lainnya yang ada di sekitar TKP,” syukurnya

    Mengenai penyebab terjadinya peristiwa kebakaran itu, belum diketahui secara pasti. Namun ada dugaan karena terjadi konsleting listrik yakni sebelum terjadi kebakaran diawali dengan sumber ledakan dari lampu bagian sebelah timur yang terpasang di plafon.

    Baca Juga:  Rampas Mobil, Bule Rusia Jadi Bulan-bulanan Warga

    “Bangunan warung itu, restaurant Suka Hotdogs dikontrak oleh WNA berkebangsaan Italia bernama Stepano. Secara resmi dari pihak pemilik belum melakukan laporan. Mereka masih berkoordinasi dengan ownernya yang bernama Stepano,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button