KarangasemSosialTokoh

Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi Ringankan Beban Masyarakat Bali

    KARANGASEM, Kilasbali.com – Aksi sosial menyapa dan berbagi untuk meringankan beban masyarakat Bali terus dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster.

    Kali ini, aksi sosial menyapa dan berbagi dilakukan di Kabupaten Karangasem. Sedikit berbeda dengan aksi sosial sebelumnya, aksi sosial kali ini selain bekerjasama dengan mitra kerja PKK dan Perangkat Daerah Provinsi Bali namun juga dilaksanakan secara marathon dan menyeluruh di seluruh kecamatan di Kabupaten Karangasem selama dua hari yaitu 21-22 April 2023.

    Pada hari pertama pelaksanaannya, Jumat, 21 April 2023, aksi sosial yang digawangi oleh Bunda Putri ini menyasar empat desa di empat kecamatan berbeda di Kabupaten Karangasem yaitu Desa Bukit, Kecamatan Karangasem, Desa Tista, Abang, Desa Baturinggit, Kubu, dan Desa Sibetan Kecamatan Bebandem.

    Jumlah total bantuan yang disalurkan kepada masyarakat Karangasem pada hari pertama aksi sosial ini mencapai 200 paket bantuan dengan total bantuan yang disalurkan mencapai 4 ton beras, 200 krat telur, 320 kotak susu untuk balita serta 320 kotak susu untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas serta kader PKK.

    Baca Juga:  Pemprov Bali Serius Cegah Penempatan Pekerja Migran Indonesia Non-Prosedural

    “Masing-masing mendapatkan 20 kg beras, 1 krat telur, 8 kotak susu untuk balita, 2 kotak susu untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas serta kader PKK,” ungkap Putri Koster.

    Di sisi lain Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali turut menyerahkan bantuan dengan total bantuan yang diserahkan pada hari pertama mencapai 40 dus Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita, 200 bibit tanaman pohon kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem, 280 ekor bibit ayam beserta 280 kg pakan, 2000 bibit tanaman sayuran, pemeriksaan kesehatan dan pembagian kacamata baca gratis sebanyak 400 pcs kepada masyarakat Karangasem oleh RS Mata Bali Mandara serta pembagian 40 paket berisi susu kepada ibu hamil oleh IBI Bali.

    Putri Koster menyampaikan, aksi sosial menyapa dan berbagi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali. “Visi PKK adalah mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, berguna, berlandaskan akhlak mulia yang dimulai dari keluarga,” jelasnya.

    Baca Juga:  Begini Arahan Danrem 163/Wira Satya saat Kunjungi Mako Yonif 741/GN

    Tugas ini bukanlah tugas yang mudah, sehingga ia tidak lelahnya mensosialisasikan kepada masyarakat termasuk salah satunya adalah mengenai kebijakan dan program kerja Pemerintah Provinsi Bali. Seperti halnya terkait dengan stunting atau gangguan tumbuh kembang pada anak. Bunda Putri berpesan kepada perangkat desa agar selalu memantau tumbuh kembang anak khususnya balita yang ada di desanya.

    Baca Juga:  BICE 2024 ‘Sugih Mulih’, Elizabeth International Hadirkan 112 Brands Property

    “Kalau ada yang terindikasi stunting langsung laporkan agar dapat segera ditangani,” jelasnya.

    Ia juga tak henti mengingatkan para perempuan dan ibu untuk selalu menjaga kesehatan serta pemenuhan gizi anaknya khususnya pada 1000 hari pertama kehidupan.

    Disamping itu, dia juga berpesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Satu hal yang saya titip pesan terkait kebersihan lingkungan di Pura Besakih. Bapak Gubernur selalu mengajak kita untuk tidak meninggalkan sampah di parahyangan atau areal pura lainnya,” ungkapnya.

    Ia juga meminta agar masyarakat tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai, sedotan plastik maupun Styrofoam apalagi saat melakukan kegiatan persembahyangan di pura. “Sisa bunga dan dupa bawa kembali. Jadi umat hindu ketika sembahyang tidak meninggalkan sampah di tempat suci walaupun sehelai bunga pun,” tegas Putri Koster. (jus/kb)

     

    Back to top button