PolitikTabanan

Jumlah Partisipasi Pemilih di Tabanan Melampui Target

    TABANAN, Kilasbali.com-Puncak dari Pilgub Bali 2018 sudah selesai dilakukan dan saat ini KPU sedang melakukan proses penghitungan suara secara resmi. Seperti yang dilakukan oleh KPU Tabanan, dimana saat ini sedang menunggu hasil pleno di tiap Kecamatan. Berdasarkan data yang diunggah oleh KPU Tabanan di Website KPU Bali, Paslon nomor urut 1 Wayan Koster dan Tjokorda Artha Ardana Sukawati ( Koster-Ace) unggul sebesar 68,1 persen. Sedangkan untuk tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih sudah melampau target yaitu sebesar 82,7 persen dari target 80 persen.

    Komisioner KPU Tabanan I Made Weda Subawa mengatakan, untuk hasil penghitungan suara di Kabupaten Tabanan, paslon nomor urut satu Koster-Ace unggul dengan perolehan suara 199474 atau sebesar 68,1 persen, sedangkan paslon nomor urut dua Mantra-Kerta memperoleh suara 93246 atau sebesar 31,9 persen. Menurut Weda Subawa data tersebut berdasarkan data C1 yang diunggah di Website KPU kemarin malam. ” Untuk data sementara Paslon nomor urut satu Koster-Ace unggul sebesar 68,1 persen, data tersebut berdasarkan data C1 yang diunggah di website KPU tadi malam,” ungkapnya, kamis (28/6) kemarin.

    Baca Juga:  Kampanye di Kecamatan Kerambitan, Sengap Jalan-jalan Sambil Bagi-bagi Sayur

    Ditambahkan Weda, data sementara dari C1 tersebut hanya bersifat sementara, artinya data dari C1 tersebut belum sempurna siapa tahu nanti ada kesalahan penulisan dari petugas KPPS, sedangkan untuk data akuratnya nanti menunggu hasil pleno ditiap Kecamatan. Tetapi menurut Weda seandainya kalau ada kesalahan hasilnya tidak terlalu jauh dengan hasil pleno nanti. ” Data dari C1 tersebut belum sempurna seratus persen, siapa tahu nanti ada kesalahan penulisan dari petugas KPPS, meskipun begitu nanti hasil tidak akan beda jauh dengan hasil pleno dari tiap Kecamatan,” tambahnya.

    Selain itu Weda Subawa mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Tabanan yang sudah menggunakan hak pilihnya. Menurutnya jumlah partisipasi pemilih di Tabanan sudah sesuai target bahkan melebihi target. Dimana jumlah partisipasi pemilih di Tabanan mencapai 82,7 persen dari target 80 persen. Dimana untuk Kabupaten Tabanan jumlah pemilihnya sebesar 358.498, sedangkan untuk masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sebesar 269.342, artinya cuma ada 62.156 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput. ” Untuk jumlah partisipasi pemilih di Tabanan sudah sesuai target bahkan melebihi yaitu sebesar 82,7 persen,” pungkasnya.

    Baca Juga:  Penanganan Dugaan Intimidasi Dihentikan, LAGAS Pertimbangkan Lapor DKPP atau Polisi

    Berdasarkan pantauan di Kantor KPU Tabanan, ada beberapa Kecamatan yang sudah selesai melakukan pleno dan sudah menyerahkan data serta kotak suara ke KPU Tabanan. Untuk tahapan pleno di Kecamatan dilakukan sampai tanggal 4 juli 2018, setelah itu baru dilakukan peleno tingkat Kabupaten. (*KB).

    Back to top button