News Update

Tiga Banjar Adat di Pejaten Dukung Penuh Sanjaya-Dirga

    TABANAN, Kilasbali.com – Tiga banjar adat di Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Tabanan nomor urut 2, I Komang Gede Sanjaya dan I Made Dirga (Sanjaya-Dirga), dalam Pilkada 2024.

    Ketiga banjar adat itu antara lain Banjar Adat Dalem Baleran, Banjar Adat Pejaten, dan Banjar Adat Badung.

    Dukungan kepada pasangan Sanjaya-Dirga ini terungkap dalam simakrama yang berlangsung di Banjar Adat Dalem Baleran pada Senin (21/10) malam.

    Di kesempatan itu, Sanjaya selaku calon bupati nomor urut 2 hadir dengan didampingi Ketua Tim Pemenangan Sanjaya-Dirga I Made Urip, anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Ni Made Usmantari, dan dua anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan I Wayan Sudiana dan I Gusti Ketut Artayasa.

    Dukungan tersebut disambut dengan ungkapan terima kasih dari Sanjaya yang menegaskan dirinya bersama I Made Dirga akan terus berkomitmen membangun Kabupaten Tabanan.

    Baca Juga:  Era Gubernur Koster, Bali Raih Predikat Terbaik Dalam Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

    Sebagai bukti komitmen, Sanjaya mengungkapkan beberapa prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Tabanan di periode pertama kepemimpinannya yang relatif singkat yakni tiga setengah tahun.

    Apalagi usia kepemimpinan di periode awal tersebut diwarnai dengan rintangan yang dialami semua wilayah di dunia yakni pandemi Covid-19.

    Salah satu program andalannya adalah Bupati Ngantor di Desa (Bungan Desa) yang bertujuan membangun dari tingkat desa. Program ini berkontribusi pada keberhasilan Tabanan yang masuk ke dalam tiga besar Penghargaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Bali 2024.

    Bungan Desa telah menghasilkan berbagai pencapaian signifikan, termasuk peningkatan jumlah Desa Mandiri dari 113 desa pada 2022 menjadi 133 desa pada 2023.

    Angka kemiskinan ekstrem menurun dari 44 kepala keluarga (KK) pada 2022 menjadi 40 KK pada 2023, sementara angka stunting juga turun drastis dari 8,2 persen (1.100 balita) pada 2022 menjadi 3,23 persen (590 balita) pada 2023.

    Baca Juga:  Mulyadi Ikuti Upacara Mejaya-jaya di Pura Siwa Kawitan Pasek Prateka

    Infrastruktur jalan dalam kondisi baik juga meningkat dari 93,22 persen pada 2022 menjadi 94,69 persen pada 2023.

    Selain itu, Kabupaten Tabanan meraih berbagai penghargaan, termasuk sebagai Kabupaten dengan Indeks Ketahanan Pangan Terbaik di Indonesia pada 2022, dengan skor 92,2.

    Tabanan juga juara 1 dalam praktik audit kasus stunting Indonesia (Petik Aksi) 2023 dan capaian program Keluarga Berencana (KB) dengan sejuta akseptor.

    Dalam acara simakrama, Sanjaya menegaskan komitmennya untuk menjaga adat, agama, dan budaya di Tabanan, termasuk mendukung kegiatan yadnya massal untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

    Baca Juga:  Koster-Giri dan Sanjaya-Dirga Dapat Dukungan Masyarakat Sejumlah Desa di 4 Kecamatan

    Aspirasi masyarakat dari Banjar Adat Dalem Baleran, Banjar Adat Pejaten, dan Banjar Adat Badung sudah diserap dan diwujudkan berkat dukungan anggota DPRD Tabanan dari fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudiana.

    Masyarakat Pejaten yang hadir menyatakan siap mendukung penuh Sanjaya-Dirga dan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali, Koster-Giri, dalam Pilkada pada 27 November 2024.

    Mereka menargetkan kemenangan seratus persen untuk kedua pasangan calon di wilayah mereka, mempercayai bahwa figur-figur yang diusung oleh PDIP adalah kader terbaik dengan pengalaman di bidang eksekutif dan legislatif.

    Sanjaya memohon doa restu dan dukungan masyarakat untuk memilih pasangan Sanjaya-Dirga dalam Pilkada Serentak tersebut. (tim/kb).

    Back to top button

    Berita ini dilindungi