PolitikTabanan

KPU Tabanan Rencanakan Pembukaan Kampanye Pilkada 2024 Bersamaan Pengambilan Nomor Urut

    TABANAN, Kilasbali.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan berencana memajukan proses pembukaan kampanye Pilkada 2024 bersamaan dengan pengambilan nomor urut pada Senin (23/9).

    Rencana tersebut dilakukan mengingat pada hari pertama kampanye Pilkada 2024 pada Rabu (25/9) bertepatan dengan hari raya Galungan.

    “Untuk pembukaan rencananya akan kami majukan saat pengundian nomor urut pada 23 September 2024,” ungkap Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra, usai rapat pleno penetapan DPT Pilkada 2024, Jumat (20/9).

    Selain itu, pihaknya juga menyarankan kepada masing-masing pasangan calon bupati maupun wakil bupati dalam Pilkada 2024 untuk tidak melaksanakan kegiatan kampanye di hari pertama.

    Baca Juga:  3 Fraksi DPRD Tabanan Sepakati Pembahasan RAPBD 2025 dan RAPBD Perubahan 2024

    “Secara nasional itu kan memang tahapan dimulainya kampanye. Namun khusus di Bali, sesuai saran pimpinan kami (di KPU Bali), kami menyarankan kepada semuan pasangan calon untuk 25 September tidak ada kegiatan kampanye,” imbuhnya.

    Terkait rencana itu, Anggota Bawaslu Tabanan Kordiv Hukum Pencegahan, Informasi dan Hukum, Ni Putu Ayu Winariati, menganjurkan agar pihak KPU melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing tim pasangan calon untuk menyepakati agenda tersebut.

    “Terkait pelaksanaan kampanye di hari pertama, itu sebetulnya hak pasangan calon. Jadi mungkin nanti KPU sebelum melakukan itu, silahkan rapat koordinasi dengan tim pasangan calon untuk menyepakati agenda tersebut,” ujar Wina.

    Baca Juga:  Sudah Tiga Minggu, Remaja Prancis yang Hilang di Batukaru Masih Belum Ditemukan

    Menurutnya, kesepakatan dengan masing-masing tim pasangan calon tersebut untuk menghindari kesan penentuan secara sepihak. Di sisi lain, KPU berniat untuk menjaga kekhusyukan jalannya hari raya Galungan. “Jadi harus ada kesepakatan dengan tim pasangan calon,” pungkasnya. (c/kb).

    Back to top button