Olahraga

Begini Motivasi Wabup Suiasa untuk Atlet Pencak Silat Kontingen Bali Ke PON Aceh-Sumut

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali melepas sebanyak 15 atlet dan 6 pelatih yang akan memperkuat Kontingen Bali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara.

     

    Pelepasan atlet pencak silat dan pelatih itu, dilakukan Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa yang juga Ketua Umum Pengprov IPSI Bali, di Rumah Jabatan Wakil Bupati Badung, Puspem Badung, Senin (2/9).

     

    Dalam pelepasan yang didampingi Bendahara Umum Pengprov IPSI Bali AA. Ngurah Rahmadi dan Ketua Harian IPSI Bali sekaligus Manajer Tim Pencak Silat PON Bali Bagus Jagra Wibawa, Suaisa menyerahkan uang saku sebesar Rp. 1 juta kepada masing-masing atlet dan pelatih pencak silat.

     

    Suiasa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pelatih, karena telah mendidik dalam mempersiapkan para atlet yang akan berlaga pada PON tahun ini.

     

    Dikatakan, saat ini para atlet tidak lagi berpikir tentang adu kekuatan, skill dan teknik, karena hal tersebut sudah ada pada tahapan latihan, untuk saat ini diharapkan para atlet lebih fokus terhadap mentalitas dan kejiwaan atau psikologis sebelum bertanding. Hal-hal yang dapat mengganggu kejiwaan sebelum bertanding diharapkan untuk ditinggalkan terlebih dahulu.

    Baca Juga:  Ada Pulsa Tapi Tak Ada Sinyal! Begini Pesan Giri Prasta di Upacara Pitra Yadnya di Sidan - Petang

     

    “Karena lelah hati dan pikiran itu, lebih menguras tenaga daripada lelah fisik. Faktor inilah yang juga menjadi salah satu menentukan juara, karena kalau lelah secara pikiran dan hati maka power atau kekuatan kita bisa menjadi lemah. Saya harapkan juga kepada adik-adik untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, guna mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak bermaksud untuk tidak berinteraksi dengan yang lainnya atau mengasingkan diri tapi demi mengamankan perjuangan dan mimpi kalian untuk bertanding di PON kali ini,” ungkapnya.

     

    Dijelaskan, pengurus Pengprov akan mendampingi dan membantu para atlet ketika berlaga di PON tahun ini, dimana Cabor Pencak Silat akan bertanding di Kota Medan, Sumatera Utara. Diharapkan pula untuk menjaga kekompakan serta tetap menjaga komunikasi sebagai tim, apapun yang menjadi kendala para atlet maupun pelatih untuk dikomunikasikan para jajaran Pengprov IPSI Bali karena target pada PON tahun ini IPSI Bali meraih 3 emas untuk para atletnya.

    Baca Juga:  Ada Pulsa Tapi Tak Ada Sinyal! Begini Pesan Giri Prasta di Upacara Pitra Yadnya di Sidan - Petang

     

    “Ajang PON ini adalah pesta buat kalian, jangan anggap PON ini adalah neraka buat kalian. Nikmatilah pesta kalian ini. Anggaplah musuh itu adalah lahapan kalian dan bahan pesta kalian. Seperti filosofi singa, dari sekian banyak binatang di hutan kenapa singa dianggap si raja hutan, binatang yang lebih besar badannya dari singa banyak, yang lebih cepat dari singa juga banyak, yang lebih licik dan lihai ada, singa sebagai raja hutan karena singa melihat binatang lain seperti santapannya dan binatang lain tidak memiliki niatan seperti singa. Jadikanlah musuh kalian sebagai santapan terenak, bukan kalian yang menjadi santapan. Selamat bertanding dan sukses untuk kalian semua,” ujar Suiasa memberikan semangat.

     

    Ketua Harian IPSI Bali Bagus Jagra Wibawa menyampaikan selaku putra dan putri dalam IPSI Bali meminta doa restu yang terbaik kepada Ketua Umum beserta jajaran Pengprov IPSI Bali, apa yang menjadi harapan dari seluruh Perguruan Pencak Silat yang ada di Bali kepada para atlet yang akan bertanding pada 6 September mendatang bisa mencapai target yang ditentukan serta para atlet dapat bertanding secara maksimal. Dijelaskan pula, bahwa pada PON tahun ini, ada pengurangan jumlah wasit, dimana pada PON sebelumnya jumlah wasit dari IPSI Bali ada 3, namun di tahun sekarang hanya 2 wasit saja.

     

    Baca Juga:  Ada Pulsa Tapi Tak Ada Sinyal! Begini Pesan Giri Prasta di Upacara Pitra Yadnya di Sidan - Petang

    “Neraka itu harusnya di tempat latihan, dan surga itu ada di medan laga, saya lihat mata dan wajah para atlet bersinar semua, sudah tidak sedih lagi. Ingatlah singa adalah raja hutan. Kita akan masuk kehutan maka kita akan menjadi raja di sana. Mohon kepada para wasit yang dari IPSI Bali memberikan masukan-masukan kepada kami, apa yang kami perlu lakukan dan mohon juga untuk memantau para atlet Pencak Silat Kontingen Bali. Sebagai pendekar kita tidak mau curang dan juga tidak mau dicurangi. Para atlet sudah latihan dengan maksimal dan semoga bisa menampilkan yang baik di medan laga. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan pengurus PengProv IPSI Bali,” pungkasnya. (*)

    Back to top button