PolitikTabanan

Dua Paslon Pilkada Tabanan 2024 Tes Kesehatan di RSBM

    TABANAN, Kilasbali.com – Dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Tabanan 2024, I Komang Gede Sanjaya-I Made Dirga (Sandi) dan I Nyoman Mulyadi-I Nyoman “Sengap” Ardika (Mulyadi-Sengap) mulai menjalani tes kesehatan.

    Tes atau pemeriksaan kesehatan itu berlangsung di Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) mulai hari ini, Jumat (30/8), dan besok atau Sabtu (31/8).

    “Tadi sudah dilakukan pemeriksaan terhadap dua pasangan calon mulai jam tujuh pagi sampai jam lima sore dan akan dilanjutkan lagi besok,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan, I Wayan Suwitra.

    Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan terhadap dua paslon yang sudah mendaftar tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika.

    Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Buka Rekrutmen PTPS untuk Pilkada 2024

    Proses pemeriksaan kesehatan terhadap dua paslon tersebut didampingi tim medis RSBM, Sekretaris KPU Tabanan, serta perwakilan dari masing-masing paslon.

    “Pengumuman hasil tes kesehatan akan dilakukan bersama dengan pengumuman hasil pemeriksaan persyaratan administrasi paslon pada 5-6 September 2024,” imbuhnya.

    Suwitra menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan itu akan menentukan paslon layak atau tidak layak untuk maju di Pilkada Tabanan 2024.

    Baca Juga:  Jawab Kegundahan Pedagang Pasar Ubud, Ketua DPRD Gianyar Lakukan Ini

    “Nanti akan diumumkan sesuai hasil pemeriksaan. Pasangan calon yang tidak lolos tes kesehatan akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” jelasnya.

    Usai pemeriksaan kesehatan, tahapan berikutnya adalah penelitian dan pemberitahuan hasil pemeriksaan persyaratan administrasi paslon yang dijadwalkan pada 5-6 September 2024.

    Selanjutnya, tahapan perbaikan dan penyerahan hasil perbaikan administrasi persyaratan paslon pada 6-8 September 2024.

    Baca Juga:  Omardani Berharap Moratorium Akomodasi Wisata Tak Berlaku di Tabanan

    Sedangkan untuk tahap penetapan Paslon akan dijadwalkan pada 22 September 2024 mendatang. (c/kb).

    Back to top button