BirokrasiTabanan

3 Partai di DPRD Tabanan Tunggu SK Penentuan Ketua Fraksi

    TABANAN, Kilasbali.com – Tiga partai pemenang Pemilu 2024 di DPRD Tabanan masing-masing PDIP, Golkar, dan Gerindra masih menunggu surat keputusan atau SK dari pengurus pusatnya untuk menentukan kader legislatifnya yang ditunjuk sebagai ketua fraksi.

    Sesuai hasil Pemilu 2024, PDIP, Golkar, dan Gerindra merupakan tiga partai yang berpeluang membentuk fraksi secara mandiri di DPRD Tabanan periode 2024-2029. PDIP memperoleh 31 kursi sementara Golkar dan Gerindra masing-masing memperoleh empat kursi.

    Proses penentuan yang masih berlangsung di internal PDIP itu salah satunya diungkapkan oleh anggota DPRD Tabanan yang juga Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa, saat dikonfirmasi pada Rabu (7/8). “Belum (penetapan). Itu prosesnya penunjukan atau penugasan,” ujar Arnawa.

    Ia menjelaskan, sekretariat partainya di tingkat cabang akan menentukan kader legislatif yang akan menduduki posisi ketua fraksi melalui mekanisme rapat.

    Baca Juga:  Koster-Giri Dapat Dukungan dari Relawan Duta Semesta Bentukan Yuliawan Dusak

    Hanya saja, Arnawa enggan memberikan keterangan lebih jauh mengenai siapa kader PDIP di DPRD Tabanan yang akan ditunjuk sebagai ketua fraksi yang notabene perpanjangan tangan partai.

    “Belum. Saya tidak berani (memberi keterangan) sebelum ada rapat. Mungkin (rapatnya) minggu-minggu ini,” jelasnya singkat.

    Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Tabanan yang juga Ketua DPC Gerindra Tabanan, I Putu Gede Juliastrawan, secara terpisah. Ia menyebut, penentuan ketua fraksi di DPRD Tabanan menunggu keputusan dari pengurus pusat. “Belum ada surat keputusan (dari pusat),” sebutnya.

    Baca Juga:  Pura Kahyangan Tiga Purwa Pura di Kerambitan Jadi Sasaran Pencurian Pratima

    Menurutnya, empat kader Gerindra yang duduk di DPRD Tabanan memiliki potensi yang sama sebagai ketua fraksi. Mulai dari dirinya, I Wayan Wiryadana, I Nyoman Gede Andika, dan Ni Nengah Sri Labantari. “Semuanya punya potensi. Tapi keputusannya tetap oleh pengurus pusat. Top down,” tegasnya.

    Begitu juga dengan Golkar Tabanan. Sampai saat ini, pengurus partai beringin ini masih menunggu SK dari pengurus pusat. Seperti keterangan singkat Sekretaris DPD I Gerindra Tabanan, I Made Asta Darma.

    “Belum turun SK-nya. Prosesnya melalui usulan di rapat pleno,” jawab Asta Darma tanpa merinci siapa kader Golkar yang diusulkan tersebut.

    Baca Juga:  Truk Angkut 600 Kardus Bir Jatuh ke Tebing Pinggir Tukad Balian di Pupuan

    Seperti diberitakan, 40 anggota DPRD Tabanan baru saja dilantik pada Senin (5/8) yang lalu. Usai pelantikan, mereka akan menentukan unsur pimpinan dewan secara definitif dan membentuk alat kelengkapan dewan.

    Selain itu, DPRD periode 2024-2029 ini juga akan membentuk fraksi-fraksi yang kepemimpinannya ditentukan oleh masing-masing internal partai. (c/kb).

    Back to top button