BirokrasiTabanan

Hasil Survei SPI Pemkab Tabanan di Atas Rata-rata Nasional

    TABANAN, Kilasbali.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance.

    Ini disampaikan Inspektur Kabupaten Tabanan, I Gusti Ngurah Supanji, dalam keterangannya pada Jumat (2/8).

    Berbagai indikator menunjukkan komitmen kuat Pemkab Tabanan dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan.

    Salah satunya adalah keberhasilan dalam menyelesaikan tindak lanjut temuan pemeriksaan eksternal yang hampir mencapai seratus persen.

    Selain itu, hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) yang dilakukan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menunjukkan nilai yang sangat baik, jauh di atas rata-rata nasional.

    Baca Juga:  Polres Tabanan Usut Ambruknya Bale Pewaregan Pura Melanting di Kembang Merta

    “Pencapaian ini membuktikan bahwa Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Sanjaya sangat berintegritas dan berkomitmen untuk mengatakan tidak pada praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN),” tegas Supanji.

    Untuk mendukung upaya pencegahan korupsi, Pemkab Tabanan telah melakukan berbagai langkah strategis, antara lain peningkatan transparansi dengan menerapkan probity audit pada proyek-proyek strategis dan pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabanan.

    Baca Juga:  Masuki Usia 38 Tahun, Perumda TAB Fokus Tingkatkan Layanan Air Bersih

    Kemudian melibatkan partisipasi masyarakat dengan membuka pos pengaduan dan pemanfaatan aplikasi pelaporan SP4N Lapor.

    Langkah strategis berikutnya yakni pemanfaatan teknologi melalui penggunaan aplikasi JAGA untuk mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan.

    Berikutnya membangun kerja sama dengan KPK yakni secara aktif mengikuti program Monitoring Center for Prevention (MCP) dan meraih peringkat tiga nasional.

    Inspektur Kabupaten Tabanan mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan dan pelaporan.

    “Dengan kerjasama yang baik, kita dapat menciptakan pemerintahan yang bersih dan melayani untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Supanji.

    Baca Juga:  Omardani Berharap Moratorium Akomodasi Wisata Tak Berlaku di Tabanan

    Prestasi yang diraih oleh Pemkab Tabanan dalam mewujudkan good governance merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

    Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan. (c/*KB).

    Back to top button