GianyarHiburan

Ratusan Musisi Lokal – Internasional Bakal Meriahkan Ubud Village Jazz Festival 2024

    GIANYAR, Kilasbali.com – Ratusan musisi lokal hingga internasional akan memeriahkan Ubud Village Jazz Festival (UVJF) ke-11 tahun 2024, yang akan diadakan di Sthala Ubud Porfolio Hotel, Ubud, Gianyar pada tanggal 2 – 3 Agustus 2024.

    CoFounder UVJF, A.A Anom Wijaya Darsana mengatakan, bagi seorang musisi jazz, hakikat jazz adalah kebebasan melalui improvisasi.

    Improvisasi berarti interpretasi. Untuk bisa menafsirkan, perlu terliterasi tentang beberapa topik. Topiknya, sejarahnya, filsafatnya, dan sebagainya.

    “Tidak mungkin seseorang bisa mengaku dirinya musisi jazz hanya karena ia bisa memainkan beberapa lick yang bagus. Dan hakikat ini bisa dianalogikan dengan kehidupan secara umum,” katanya.

    Baca Juga:  Mr. Bong Ditemukan Membusuk Terendam di Kolam Eks Villa Leak

    “Jazz memang kompleks dan canggih, tetapi tetap saja ia adalah musik. Bukan matematika atau ilmu roket sains. Ia tetap harus menjaga hubungan emosional dengan para pendengarnya,” imbuh Anom.

    “Festival ini bukanlah melulu bisnis. Karena bagi kami, komitmen dalam hal kualitas selalu menjadi yang utama,” lanjutnya.

    Sementara itu, Yuri Mahatma mengatakan, UVJF adalah platform untuk mengekspresikan komitmen kuat terhadap ide dan konsep. “Itulah yang membuat kami sangat Unik”, kata Yuri Mahatma.

    Baca Juga:  BICE 2024 ‘Sugih Mulih’, Elizabeth International Hadirkan 112 Brands Property

    Salah satu keunikannya adalah bahwa UVJF sejak awal berdiri sebagai satu-satunya festival Jazz di Indonesia yang hanya mengusung musik jazz.

    “Kami perlu selalu mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan kembali jazz. Jazz adalah bentuk musik yang membutuhkan tingkat apresiasi tertentu dari para penonton untuk menikmatinya,” kata Yuri Mahatma yang juga seorang musisi.

    Artis-artis UVJF tahun ini diisi oleh talenta-talenta luar biasa dari dalam dan luar negeri.

    Baca Juga:  Rampas Mobil, Bule Rusia Jadi Bulan-bulanan Warga

    Mulai dari Adien Fazmail Quinteto (Indonesia), Benny Irawan Trio (Indonesia), Claude Diallo bersama Indra Gupta dan Gustu Brahmanta (Swiss-Indonesia), Collective Harmony (Indonesia), Eric Chong Trio bersama Kanhaiya (Hongkong-Indonesia), FAWR (Indonesia), dan Galaxy Bigband (Indonesia).

    Kemudian, Jazz Centrum (Indonesia), New Centropezn (Rusia), Noe Clerc Trio (Perancis), Rodrigo Parejo Quartet (Spanyol-Indonesia), Simone Prattico Trio (Italia), Uwe Plath Quartet (Jerman), Zagorski-Skowronski Project feat. Kajetan Galas (Polandia). (jus/kb)

    Back to top button