Denpasar

DPR RI Kunker ke Kodam IX/Udayana

    DENPASAR, Kilasbali.com – Kedatangan Tim Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang dipimpin oleh Drs. Utut Adianto, disambut langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi di Ruang Rapat Utama Syafiudin, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (16/7/2024).

    Kunker tersebut dilakukan dalam rangka mengetahui kesiapan personel dan materiil Kodam IX/Udayana guna mendukung dan mengantisipasi kerawanan pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Bali, NTB dan NTT.

    Dalam sambutannya, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada seluruh Tim Komisi I DPR RI. Kedatangan Tim Komisi I DPR RI ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kodam IX/Udayana, yang sebelumnya juga pernah datang pada tahun 2021.

    “Kodam IX/Udayana membawahi tiga provinsi yaitu Provinsi Bali yang dipimpin oleh Danrem 163/Wira Satya, mempunyai pesona wisata yang luar biasa. Budaya dan adatnya juga sangat kental serta penduduknya mayoritas beragama Hindu,” ujar Pangdam.

    Baca Juga:  Semarak O Beach Music Festival 24, Indra Lesama dan Putrinya Tampil Duet

    Lebih lanjut Pangdam menjelaskan bahwa Kodam IX/Udayana juga membawahi Provinsi NTB yaitu wilayah dari Korem 162/Wira Bhakti yang dikenal kaya karena memiliki sumber kekayaan alam dan menjadi lumbung pangan. Penduduknya mayoritas beragama Islam.

    “Selanjutnya Provinsi NTT, dengan mayoritas penduduknya beragama Kristen. Merupakan wilayah Korem 161/Wira Sakti yang provinsinya berbatasan dengan Timor Leste. Danrem 161/Wira Sakti selaku Dankolakops Pamtas RI-RDTL,” jelas Pangdam.

    Pangdam menjelaskan bahwa wilayah Bali itu sendiri mempunyai destinasi wisata terkenal yang merupakan venue bagi even-even internasional. Terkait dengan even tersebut, Kodam IX/Udayana senantiasa terlibat dalam pengamanan di bawah Pangkogabwilhan II,  bersama dengan unsur udara dan laut yang ada di wilayah Bali.

    Baca Juga:  Pemprov Bali Serius Cegah Penempatan Pekerja Migran Indonesia Non-Prosedural

    “Selama ini beberapa even internasional yang telah dilaksanakan antara lain G20, KTT Asean, KTT AIS, dan yang baru saja selesai digelar yaitu WWF ke-10. Kedepan ada dua even internasional lagi yaitu Indo Afrika Forum dan Bali Internasional Air Show yang akan dilaksanakan pada September mendatang,” pungkas Pangdam.

    Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI dalam menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk menanyakan dan melihat kesiapan Kodam IX/Udayana dalam menghadapi Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

    “Komisi I semua seragam mendukung TNI kita kuat, dan Komisi I juga membentuk Panja (Panitia Kerja) Alutsista dengan konsep mendukung dan mengharapkan, karena keberpihakan di politik yang nyata itu adalah di anggarannya tidak dinaikkan,” katanya. (jus/kb)

    Back to top button