KlungkungPolitik

Ribuan Simpatisan Iringi Pendaftaran BAGIA ke KPU

    KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Kota Klungkung membara, Senin (8/1/2018). Ribuan simpatisan PDIP memerahkan Jalan Untung Surapati, Klungkung untuk mengantarkan pasangan Tjokorda Bagus Oka dan I Ketut Mandia mendaftar sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Klungkung ke KPU Klungkung, sekitar pukul 14.00 Wita.

    Panas terik matahari tak menghalangi para simpatisan untuk menyemarakkan hari pertama pendaftaran tersebut. Ditambah lagi dengan suara tabuh 11 Sekaa Baleganjur yang ikut dalam acara tersebut diawali fragmen tari disertai hanoman dan jegeg-bagus yang Mepayas Agung.

    Berbagai persiapan pun dilakukan oleh paket BAGIA, seperti halnya yang dilakukan Tjokorda Bagus Oka yang mengawali harinya dengan melakukan persembahyangan di Merajan yang ada di kediamannya di Puri Saren Kauh, Klungkung. Begitu halnya dengan I Ketut Mandia.

    Namun sebelum menuju KPU Klungkung, paket BAGIA terlebih dahulu berjalan menuju Pendopo Puri Agung Klungkung, didampingi masing-masing perwakilan partai pengusung dan pendukung, mulai dari Partai PAN, PKPI, dan Hanura. Nampak Ketua DPC PKPI Klungkung, I Wayan Mastra, serta I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa bersama sang istri Ni Made Suastini atau Dek Ulik yang mewakili Partai Hanura dan Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Suyasa.

    Baca Juga:  KIM Plus Tabanan Perkuat Saksi Mulyadi-Sengap di TPS dengan Relawan

    Kali ini Tjokorda Bagus Oka yang akrab disapa Cok Bagus mengenakan pakaian adat berwarna serba putih, sedangkan I Ketut Mandia menggunakan pakaian berwarna hitam. Menurut Cok Bagus, pakaian mereka merupakan lambang dari motto PDIP saat ini yakni “Satu Jalur”. “Pakaian ini merupakan symbol Satu Jalur antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Dimana di Provinsi Wayan Koster juga mengenakan pakaian putih dan Cok Ace menggunakan pakai hitam. Apabila kita semuanya sudah Satu Jalur, maka akan lebih mudah membangun Klungkung,” tegasnya didampingi I Ketut Mandia.

    Baca Juga:  Rekrutmen Pengawas TPS Pilkada 2024, Bawaslu Gianyar Minta Ini

    Dirinya menambahkan, ribuan simpatisan yang turut mengiringi langkahnya mendaftar ke KPU Klungkung menunjukkan bahwa paket BAGIA didukung oleh banyak orang dan berpeluang untuk menang. “Kami berusaha untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan meyakinkan bahwa kami bisa membangun Klungkung lebih baik dan lebih besar,” lanjut Cok Bagus.

    Paket BAGIA sendiri memilih visi misi ‘BAGIA MAHOTTAMA’ yang artinya Maju, Harmonis, Tentram, dan Makmur. “Kita ada disini berjuang untuk sebuah kemenangan. Kita berani maju, karena kita melihat ada peluang untuk menang,” imbuhnya.

    Sementara itu, Ketua DPC PDIP Klungkung, Anak Agung Gede Anom, menerangkan bahwa sejatinya kegiatan tersebut akan dihadiri oleh 2.000 orang simpatisan, namun ternyata jumlah simpatisan, kader, pengurus dan pendukung yang hadir lebih banyak dari yang ditargetkan. “Maka dari itu kami optimis, paket BAGIA akan memenangkan Pilkada Klungkung 2018, dan kami berharap dukungan akan terus mengalir hingga pemilihan nanti,” paparnya sembari mengatakan paket BAGIA didukung oleh PDIP, PKPI, PAN, PPP, Hanura dan PKB.

    Baca Juga:  Koster-Giri Dapat Dukungan dari Relawan Duta Semesta Bentukan Yuliawan Dusak

    Setelah berkas pendaftaran paket BAGIA disetorkan ke KPU Klungkung, maka selanjutnya Cok Bagus dan Mandia akan mengikuti tes kesehatan dan psikologi di Denpasar.

    Ketua KPU Klungkung, I Made Kariada mengatakan dari berkas yang disetorkan, yaitu syarat pencalonan dan berkas calon sendiri sudah lengkap. Adapun berkas calon sendiri terdiri dari surat pengunduran diri Cok Bagus sebagai PNS di lingkungan Universitas Udayana dan surat keterangan berhenti Ketut Mandia sebagai anggota DPRD Provinsi Bali. “Namun untuk berkas calon, nanti akan ada penelitian kembali terhadap keabsahan berkas daripada calon tersebut,” tegasnya. (*KB)

    Back to top button